Penyebab Kulit Ketiak Hitam dan Kasar

Penyebab Kulit Ketiak Hitam dan Kasar

Seperti yang dikatakan oleh Dr Eddy Karta SpKK, ketiak mengandung banyak kelenjar keringat dan folikel rambut, jadi jika tidak dibersihkan dengan baik bisa terjadi penumpukan kulit mati sehingga menyebabkan area kulit ketiak menjadi hitam dan kasar. Biasanya kondisi seperti ini banyak di alami oleh para wanita.

Kebiasaan mencukur bulu ketiak dengan arah yang tidak tepat biasanya juga bisa membuat area ketiak jadi kasar. Penyebabnya bisa jadi karena sisa akar rambut ketiak yang tumbuh jadi tidak beraturan, hal ini lah yang dapat memicu kulit ketiak menjadi kasar dan menghitam.

Seperti yang dituliskan di beritasatu, “Sebagian kulit terkelupas saat shaving (mencukur) berulang sehingga permukaan kulit menjadi tidak rata dan kering. Karena itu, jika perlu, dapat menggunakan shaving cream sebelum bercukur dan moisturizing cream setelah bercukur”, ungkap Dr Eddy Karta SpKK.

Selain itu penyebab kulit ketiak menghitam, alergi, iritas dan infeksi pun juga bisa menjadi penyebab kulit ketiak gatal dan menghitam. Hal tersebut dapat disebabkan karena penggunaan bahan-bahan pewangi, deodorant atau roll on yang tidak cocok dengan kebiasaan anda waktu mencukur bulu ketiak.

Lalu bagaimana solusinya jika ketiak semakin kasar dan menghitam? “Bila kehitaman tersebut sudah semakin menebal, ada baiknya segera periksaan diri anda ke dokter, kemungkinan ada acanthosis nigricans yang merupakan penyakit kelainan metabolisme dan resistensi insulin” ujar Dr Eddy.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *